Cara Mengobati Orang Yang Koma

Cara Mengobati Orang Yang Koma

Cara Mengobati Orang Yang Koma

Cara Mengobati Orang Yang Koma

Koma adalah kondisi ketidaksadaran jangka panjang yang penderitanya tidak dapat terangsang, bahkan dengan stimulus yang paling menyakitkan sekalipun. Akibatnya pasien tidak akan sadar dan tidak akan merespons suara atau berbagai jenis kegiatan yang terjadi di dekatnya. Kondisi medis yang dapat menyebabkan koma, di antaranya: Stroke, cedera berat di kepala, pendarahan di kepala, diabetes, infeksi pada otak, misalnya meningitis dan ensefalitis, keracunan, misalnya akibat karbon monoksida, overdosis alkohol atau narkoba, kekurangan oksigen, kejang atau tumor pada otak. Penanganan pertama dan yang paling penting ialah dengan mengembalikan fungsi otak yang rusak pada penderita koma.

Untuk pengobatannya sendiri sangat tergantung dari apa yang menyebabkan koma terjadi. Namun terlepas dari itu semua para ahli akan melakukan pencegahan utama agar terhindar dari kerusakan otak. Jika koma terjadi akibat cedera kepala, maka pembedahan mungkin diperlukan untuk mengurangi pembengkakan. Namun jika koma disebabkan oleh penyakit yang mendasari, maka Pengobatan akan terfokus pada penyebab yang mendasari tersebut.

Koma dapat berlangsung selama beberapa hari atau beberapa minggu. Sementara itu, ada pula kasus yang sangat parah dimana koma berlangsung selama beberapa tahun. Untuk pemulihan setelah sadar dari koma sendiri memerlukan waktu yang cukup lama dan tergangtung tingkat keparahan kerusakan otak yang disebabkan koma. Contohnya seperti pasien koma yang disebabkan oleh diabetes. Setelah sadar dari koma, ia mungkin akan memiliki beberapa gangguan fisik, intelektual atau psikologis yang memerlukan perawatan lebih lanjut.