Asam Lambung Sembuh Dengan Lidah Buaya


Gastroesophageal reflux (GERD) atau acid reflux merupakan penyakit di mana asam lambung kembali naik ke mulut melalui kerongkongan. GERD merupakan kondisi yang diderita oleh banyak orang dan sebagian besar disebabkan karena terganggunya fungsi ‘lower esophageal sphincter’. GERD juga disebabkan oleh makanan asam dan panas, hernia hiatus, tukak lambung, infeksi jamur (Candidiasis), merokok, dan alkohol.

Gejala GERD. Regurgitasi adalah gejala yang paling umum dari GERD. Gejala lain termasuk nyeri ulu hati, suara serak, dan nyeri dada. Saat asam memasuki mulut, pasien mungkin juga mengalami kesulitan dalam menelan. Asma juga dapat dipengaruhi oleh GERD. Saat asam lambung naik melalui saluran udara, pasien dapat mengalami kesulitan bernafas.

GERD bisa diatasi dengan pemberian antasida atau melalui pengobatan lain. Selain pengobatan konvensional, lidah buaya merupakan solusi alami paling efektif untuk mengobati kondisi ini.

Lidah buaya merupakan tanaman sejenis kaktus yang memiliki banyak kandungan air. Tanaman ini populer karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Diantara berbagai manfaat tersebut, lidah buaya juga dikenal efektif mengobati GERD. Unsur yang terkandung dalam lidah buaya memperkuat lower esophageal sphincter sehingga membuatnya berfungsi dengan baik. Kandungan enzim, vitamin, dan gula dalam lidah buaya juga membantu menciptakan keseimbangan sistem pencernaan.

Jika GERD disebabkan karena Candida (jamur), lidah buaya berguna dalam membunuh jamur. Karena memiliki sifat anti-inflamasi, tanaman ini juga sangat efektif mengobati keasaman dan regurgitasi yang disebabkan GERD.

Di sisi lain, lidah buaya mampu menciptakan lapisan pelindung di sekitar kerongkongan yang membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat naiknya asam lambung.

Sebelum memulai pengobatan dengan lidah buaya, GERD harus didiagnosis dan diperiksa oleh dokter. Meskipun merupakan pengobatan alami, dosis lidah buaya harus diambil setelah berkonsultasi dengan dokter. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti jus, bubuk, pil, kapsul, maupun gel. Tapi, akan lebih efektif jika lidah buaya diambil dalam bentuk alami. Caranya, ambil langsung gel dari daun lidah buaya segar.

Gel ini bisa dikonsumsi langsung atau dicampur terlebih dahulu dengan jus apel atau jus anggur untuk meningkatkan cita rasanya. Untuk mengobati GERD, seseorang harus mengambil jus lidah buaya secara teratur, namun tetap dalam jumlah yang tidak boleh berlebihan. Kadangkala, efek samping seperti diare mungkin akan dialami pasien.

GERD dapat dicegah dengan mengadopsi pola makan yang sehat. Konsumsi makanan asam, berminyak, dan kopi juga harus dihindari.

Tidak ada komentar untuk "Asam Lambung Sembuh Dengan Lidah Buaya"