Benarkah Kunyit Dapat Menyembuhkan Asam Lambung


Kunyit kaya akan senyawa antiradang dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, kunyit sering digunakan untuk meredakan nyeri arthritis dan melancarkan haid. Rempah ini juga telah dimanfaatkan untuk meningkatkan pencernaan dan fungsi hati.

Kunyit mengandung bahan aktif yaitu kurkumin. Bahan inilah yang memberi manfaat kesehatan pada kunyit. Kurkumin adalah antioksidan polifenol, yang memiliki kemampuan sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker yang kuat.

Menurut sebuah penelitian, asam lambung, dan penyakit refluks asam lambung alias gastroesophageal reflux (GERD) mungkin disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Penelitian lain menunjukkan bawah efek antiradang kurkumin bisa mencegah peradangan kerongkongan (esofagus). Kunyit dan ekstrak kurkumin dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit dapat membantu meredakan gejala GERD.

Menurut sebuah studi, refluks asam lambung dan penyakit GERD mungkin disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif. Studi ini menunjukkan GERD harus diobati dengan antioksidan dan antiradang.

Sebuah studi terpisah menunjukkan efek antiradang kurkumin mencegah peradangan kerongkongan. Kunyit dan ekstrak kurkumin keduanya dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Karena itu, kunyit berpotensi meredakan GERD. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan apakah kunyit betul-betul ampuh dalam mengobati gejala asam lambung

Tidak ada komentar untuk "Benarkah Kunyit Dapat Menyembuhkan Asam Lambung"