Kenali 5 Penyebab Sakit Kepala Belakang Bersama SehatQ.com


Jangan pernah remehkan sakit kepala karena penyakit yang terlihat sepele ini bisa menjadi gejala dari penyakit berbahaya yang menyerang tubuh. Mengetahui penyebab munculnya sakit tersebut bisa menjadi tindakan pencegahan. 

Cara mengatasi sakit kepala juga tidak boleh dilakukan dengan mengkonsumsi obat sembarangan. Belum tentu obat yang dikonsumsi sesuai, karena ada banyak jenis sakit kepala yang dialami salah satunya pada bagian belakang kepala. Apa yang menyebabkannya? Anda bisa menyimak di sini. 

Penyebab Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai

Apa yang dimaksud dengan sakit pada kepala adalah rasa nyeri yang muncul pada bagian atas kepala, belakang, leher, telinga dan atas mata. Dengan mengetahui sakit kepala bagian atas atau belakang mempermudah untuk mengetahui penyebabnya. 

Khususnya untuk pada bagian belakang yang jika disertai dengan kondisi serius seperti demam tinggi hingga muntah harus segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini penyebab sering sakit kepala belakang yang harus diwaspadai. 

  • Migrain

Migrain adalah kondisi yang sangat umum dan sering dialami oleh orang dewasa. Umumnya terasa sakit kepala berdenyut, apabila terjadi pada bagian belakang maka disebut dengan migrain basilar. Beberapa kondisi yang akan dirasakan adalah pandangan mulai kabur, pusing, kebutaan sementara dan telinga berdenging. 

Gejalanya sangat mengganggu yang bisa membuat penderitanya merasa lemah. Migrain ini bisa menjadi tanda dari penyakit stroke. Migrain ini bisa muncul karena tingkat stress yang tinggi dan konsumsi minuman beralkohol berlebihan. 

  • Aktivitas fisik berlebihan

Penyebab lainnya adalah karena sering melakukan kegiatan fisik berlebihan. Contohnya saja pekerjaan yang menuntut aktivitas fisik berlebih atau olahraga yang diforsir. Disebut juga sebagai sakit kepala exertional yang akan makin parah semakin beratnya kegiatan fisik. 

Perasaan nyeri akan berpusat pada bagian belakang mata atau di seluruh kepala. Biasanya akan berlangsung selama 20 menit. Ketika kegiatan fisik berlebihan dilakukan maka akan memicu penyempitan pembuluh darah di kepala dan inilah yang menyebabkan nyeri. 

  • Tegang dan kurang tidur

Penyebab yang selanjutnya adalah karena tubuh terasa tegang dan kurangnya tidur disertai dengan lapar dan dehidrasi. Jika gaya hidup ini terus dilakukan maka akan menimbulkan rasa tegang pada bagian belakang kepala. Walaupun termasuk dalam kategori ringan namun tetap saja mengganggu. 

Rasa sakit yang muncul akan dialami selama 30 menitan dan terjadi pada bagian leher hingga bagian kepala. Ketika mengalami sakit ini yang mengganggu adalah interval kemunculannya yaitu sekitar 15 hari per bulan. Jika menjadi kronis maka bisa lebih dari kurun waktu tersebut. 

  • Mengalami cedera leher

Ketika tubuh mengalami cedera tentu ada efek sampingnya termasuk pada bagian kepala. Kebanyakan yang mengalaminya adalah wanita, bisa juga disebabkan karena kelelahan. Kondisi saat kambuh adalah muncul rasa tidak nyaman pada bagian leher karena otot leher menegang. 

Pengobatan yang bisa dilakukan adalah melalui fisioterapi dan harus rutin jika masalahnya sudah menjadi kronis. Biasanya dokter yang menghadapi pasien dengan rasa sakit ini akan memberikan obat antidepresan. 

  • Postur tubuh yang kurang baik

Melakukan kegiatan sehari-hari harus dengan postur tubuh yang tepat karena akan menimbulkan ketegangan di beberapa area tubuh. Contohnya saja sering membungkuk membuat leher dan punggung jadi tegang. Efeknya adalah rasa sakit pada bagian belakang kepala. 

Mau tahu apa saja penyebab sakit kepala lainnya? Bukan hanya pada bagian belakang kepala tetapi juga kepala bagian atas atau menyeluruh. Semua memiliki penyebab yang berbeda-beda. Jika Anda ingin tahu lebih banyak penyebabnya, bisa mencari tahu di direktori penyakit website atau aplikasi SehatQ. 

Belum ada Komentar untuk "Kenali 5 Penyebab Sakit Kepala Belakang Bersama SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel